Kamis, 28 Mei 2015

Reception Front Office

Reception adalah bagian yang menyambut dan memberi salam kepada tamu yang datang ke hotel, baik tamu yang akan registrasi maupun tamu yang hanya mencari informasi sekitar hotel saja.  Reception juga adalah bagian yang terakhir member salam perpisahan kepada tamu yang akan cek out dari hotel. Reception bertanggung jawab dan memastikan bahwa tamu telah mendapat sambutan dan perpisahan dengan hangat sehinggan tamu merasa  istimewa. Reception bertanggung jawab atas rooming tamu dan memastikan tamu telah mendapatkan informasi atas akomodasi yang mereka pesan sudah sesuai keinginan tamu. Juga reception punya tanggung jawab sebagai penghubung antara tamu dengan bell service, juga reception memiliki tanggung jawab dalam hal penyusunan welcome.

Tugas dan kewajiban Reception :

  1.   Menyapa dan member salam kepada semua tamu yang datang di counter reception. 
  2.    Memastikan kepada Bell Boy untuk mengatur barang-barang bawaan tamu..
  3.    Mengatur pengalokasian kamar untuk kedatangan tamu
  4.    Memberikan salam perpisahan kepada tamu yang akan berangkat
  5.    Memastikan kebersiahan meja reception dan area lobi pada kususnya
 Standar Reception :
  1. Memastikan untuk selalu mambaca log book setiap atau sebelum melaksanakan tugas agar      selalu  mendapatkan informasi terbaru dan mengetahui hal-hal apa yang harus ditindak lanjuti    dari shift  sebelumnya. 
  2. Menghadiri setiap pertemuan pergantian shift.
  3. Menyapa tamu dengan menyebutkan nama tamunya.
  4. Memberi  salam kepada tamu dengan senyuman yang hangat. 
  5.  Member salam perpisahan kepada tamu yang akan berangkat dan mengantarkannya ke Front Office kasir untuk menyelesaikan segala bentuk kewajiban tamu dengan menyelesaikan pembayaran bill akomodasi maupun bil lainya. 
  6. Menginformasikan kepada tamu tentang akomodasinya sesuai yang tercantum dalam voucher akomodasi dari tamu tersebut. 
  7. Memeriksa kembali kamar-kamar yang sudah ditetapkan atau ditentukan  oleh reservasi untuk kamar kedatangan tamu hari ini. 
  8. Mempersiapkan surat pemberitahuan untuk tamu yang akan selesai masa tinggalnya satu hari sebelumnya. 
  9. Berkordinasi dengan Guest Relation staff untuk hal-hal yang harus ditindak lanjuti dengan segera.
  10. Menjaga kebersiahan disekitar  front office dan loby are
  11. Dapat meningkatkan pendapatan hotel kusunya meningkatkan penjualan kamar.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar