Senin, 25 Mei 2015

Departemen yang ada dalam Hotel

Seperti halnya sebuah Rumah yang memiliki bagian -bagian di dalam sebuah rumah maka Hotel juga memiliki bagian - bagian yang biasa disebut Hotel departemen yang masing - masing mempunyai tugas dan tanggung jawab berbeda. departemen ini dikepalai oleh seorang Head Departemen yang bertugas dan bertanggung jawab pada operational departemen tersebut dan akan melaporkan ke General Manager selaku top pimpinan sebuah Hotel.


A.     FRONT OFFICE DEPARTEMEN.

Front Office atau sering kita singkat FO atau lebih biasa kita sebut kantor Depan adalah sebuah department yang ada dalam Hotel yang mempunyai tugas dan tanggung jawab memberikan pelayanan sebik-baiknya terhadap semua tamu yang datang, baik itu tamu yang datang hanya sekedar berkunjung maupun tamu yang memang sudah menginap di Hotel. Tugas utama dari Front Office adalah menerima setiap pemesanan kamar, menerima dan melayani setiap kebutuhan dan keluhan tamu, memproses dan memposting setiap kewajiban tamu kedalam guest bill account, melaksanakan proses cek-in dan cek-out dengan sebaik-baiknya. Front Office dalam melaksanakan tugas –tugasnya sangat memerlukan dukungan dan bantuan dari department lainnya yang terkait. Front Office dikepalai oleh seorang Front Office Manager (FOM). Dan dalam melaksanakn tugasnya Front Office Manager dibantu oleh para staf yang ada di Front Office Departement.
Struktur Front Office Departement :

  1.      Front Office Manager (FOM)
  2.    Asst Front Office Manager . (Asst FOM)
  3.     Reception
  4.     Guest Relation Officer
  5.      Reservation
  6.      Bell Boy 

B.  HOUSEKEEPING.

Housekeeping adalah bagian dalam hotel yang bertugas merawat dan memelihara semua yang ada hubungannya dengan gedung atau bangunan Hotel.  Housekeeping bertanggung jawab atas kebersihan seluruh area hotel, mulai dari parkiran, taman, loby, restaurant, toilet umum dengan kata lain housekeeping bertangung jawab atas segala kebersihan mulai dari depan sampai kebelakang hotel, dari atap sampai basement atau ruang bawah. Housekeeping juga bertanggung jawab atas kebersihan dan perawatan kolam renang yang ada. Merawat semua benda-benda yang ada dalam hotel serta semua yang menjadi asset hotel.  Tugas dari Housekeeping adalah memastikan semua area hotel dalam keadaan bersih dan nyaman untuk tamu. Housekeeping sering juga kita sebut dengan sebutan Tata Graha. Housekeeping juga membawahi bagian binatu. Housekeeping dipimpin oleh seorang Housekeeper dan dalam menjalankan tugasnya seorang Housekeeper dibantu staff yang lainnya.

Sturktur Housekeeping.

Struktur Housekeeping ini bisa berbeda-beda dengan hotel lainya, tergantung jenis dan type hotel serta tergantung juga dari jumlah kamar dan fasilitas yang ada pada Hotel tersebut. Disini saya menggambarkan saja sebuah hotel kecil dengan jumlah kamar kira-kira 50 sampai 100 kamar saja.
  1. Housekeeper
  2. Assistant Housekeeper
  3. Supervisor housekeeping
  4. Senior Room   
  5. Room Boy  
  6. Publek Area  Supervisor 
  7. Publik Area
  8. Gardener 
  9. Senior Pool
  10. Pool Attendent 
  11. Life Guard ( kalau hotelnya dekat dengan pantai ) 
  12. Senior Linen
  13. Linen Attendent.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar