Seperti halnya sebuah Rumah yang memiliki bagian -bagian di dalam sebuah rumah maka Hotel juga memiliki bagian - bagian yang biasa disebut Hotel departemen yang masing - masing mempunyai tugas dan tanggung jawab berbeda. departemen ini dikepalai oleh seorang Head Departemen yang bertugas dan bertanggung jawab pada operational departemen tersebut dan akan melaporkan ke General Manager selaku top pimpinan sebuah Hotel.
A.
FRONT OFFICE DEPARTEMEN.
Front Office atau sering kita singkat FO
atau lebih biasa kita sebut kantor Depan adalah sebuah department yang ada
dalam Hotel yang mempunyai tugas dan tanggung jawab memberikan pelayanan
sebik-baiknya terhadap semua tamu yang datang, baik itu tamu yang datang hanya
sekedar berkunjung maupun tamu yang memang sudah menginap di Hotel. Tugas utama
dari Front Office adalah menerima setiap pemesanan kamar, menerima dan melayani
setiap kebutuhan dan keluhan tamu, memproses dan memposting setiap kewajiban tamu
kedalam guest bill account, melaksanakan proses cek-in dan cek-out dengan
sebaik-baiknya. Front Office dalam melaksanakan tugas –tugasnya sangat
memerlukan dukungan dan bantuan dari department lainnya yang terkait. Front
Office dikepalai oleh seorang Front Office Manager (FOM). Dan dalam melaksanakn
tugasnya Front Office Manager dibantu oleh para staf yang ada di Front Office
Departement.
Struktur Front Office Departement :
- Front Office Manager (FOM)
- Asst Front Office Manager . (Asst FOM)
- Reception
- Guest Relation Officer
- Reservation
- Bell Boy
B. HOUSEKEEPING.
Housekeeping adalah bagian dalam hotel yang bertugas merawat
dan memelihara semua yang ada hubungannya dengan gedung atau bangunan
Hotel. Housekeeping bertanggung jawab
atas kebersihan seluruh area hotel, mulai dari parkiran, taman, loby,
restaurant, toilet umum dengan kata lain housekeeping bertangung jawab atas
segala kebersihan mulai dari depan sampai kebelakang hotel, dari atap sampai
basement atau ruang bawah. Housekeeping juga bertanggung jawab atas kebersihan
dan perawatan kolam renang yang ada. Merawat semua benda-benda yang ada dalam
hotel serta semua yang menjadi asset hotel. Tugas dari Housekeeping adalah memastikan
semua area hotel dalam keadaan bersih dan nyaman untuk tamu. Housekeeping
sering juga kita sebut dengan sebutan Tata Graha. Housekeeping juga membawahi
bagian binatu. Housekeeping dipimpin oleh seorang Housekeeper dan dalam
menjalankan tugasnya seorang Housekeeper dibantu staff yang lainnya.
Sturktur Housekeeping.
Struktur Housekeeping ini bisa berbeda-beda dengan hotel
lainya, tergantung jenis dan type hotel serta tergantung juga dari jumlah kamar
dan fasilitas yang ada pada Hotel tersebut. Disini saya menggambarkan saja
sebuah hotel kecil dengan jumlah kamar kira-kira 50 sampai 100 kamar saja.
- Housekeeper
- Assistant Housekeeper
- Supervisor housekeeping
- Senior Room
- Room Boy
- Publek Area Supervisor
- Publik Area
- Gardener
- Senior Pool
- Pool Attendent
- Life Guard ( kalau hotelnya dekat dengan pantai )
- Senior Linen
- Linen Attendent.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar