Jumat, 22 Maret 2024

Bagaimana cara suatu proses transaksi keuangan di industry perhotelan.

 

Transaksi kamar atau Room.

Pada umumnya setiap hotel memiliki kategori kamar sesuai jenis hotel tersebut dan setiap kamar tersebut memiliki harga yang berbeda-beda sesuia kategori kamarnya. Jadi harga yang di jual ke kalayak umum adalah harga menurut jenis dan type kamar, jadi harga kamar hotel tidaklah semua sama. Pada saat seorang tamu memesan kamar dia akan memesan sesuai category kamar yang akan dia tempati sekalipun harga kamar itu tergolong mahal.

Disaat pesanan kamar sudah deal maka disinilah terjadi awal transaksi keuangan di industry perhotelan yang pertama kali oleh tamu dengan pihak hotel. Setelah tamu melakukan pembayaran baik secara cash maupun bank transfer atau dengan kartu kredit maka pihak hotel juga akan memblok kamar sesuai category kamar yang dipesan oleh tamu. Pembayaran bisa berupa deposit atau uang muka satu malam saja atau full payment atau bayar lunas sampai akhir masa tinggal. Jenis transaksi yang terjadi adalah penjualan kamar hotel pada pendapatan hotel.

Transaksi :

            Room Rp. 1,000,000

                                                Pend Cash Rp. 1,000,000

 

Transaksi yang terjadi akan dicatat dalam satu folio yang disebut Guest Room Bill dimana dalam Guest Room Bill ini akan terkumpul semua bill transaksi selama tamu tersebut menginap dan akan ditagihkan saat jumlah nominal billnya sudah melewati batas maximun dan atau saat tamu akan check out dari hotel.

 

Transaksi Food & Beverage

Pada transaksi food & beverage atau makan dan minum terjadi di outlet-outlet yamg menyediakan makan dan minum yang ada dalam area hotel termasuk room service. Pada outlet ini ada yang buka 24 jam. Untuk transaksi yang terjadi di restaurant maupun outlet lainnya pembayaran dapat dilakukan secara tunai saat itu maupun pembayaran bisa dilakukan dengan cara room transfer yang akan diselesaikan pembayarannya nanti saat tamu melakukan proses check out dari hotel di depan front office cashier. Syarat bill bisa ditransfer ke kamar adalah tamu sudah menandatangani bill tersebut dengan nomor kamar yang jelas.

 

 

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar