Kamis, 21 Maret 2024

Jurnal Akuntansi Perhotelan

 

Siklus Jurnal akuntansi perhotelan akan melibatkan akun piutang usaha dan akun kas 

Akun Piutang

Akun piutang adalah penerimaan hotel yang masih dalam bentuk piutang usaha kepada travel agent yang mengirimkan tamunya ke hotel baik yang sementara maupun sudah menginap. Jenis piutang pada jurnal akuntansi perhotelan adalah sebagai berikut :

1.   City Ledger

City ledger adalah pencatatan tagihan kepada travel agent dalam bentuk invoice atas fasilitas hotel yang digunakan oleh tamu sesuai besaran fasilitas yang ditanggungkan oleh travel agent kepada tamu yang menggunakan jasa travel agent tersebut. Biasanya fasilitas yang ditagihkan ke travel agent adalah total biaya kamar sessuai periode tinggal dari tamu. Kalaupun ada konsumsi tamu diluar tanggungan travel agent akan ditagikan langsung kepada tamu secara personal account.

2.   Company Ledger.

Company Ledger adalah pencatan tagihan kepada Perusahaan maupun pemerintahan yang mengirimkan tamu maupun staffnya untuk menginap dan menggunkan fasilitas hotel dan dikirimkan dalam bentuk invoice

3.   Guest Ledger.

Guest ledger adalah pencatatan penerimaan hotel kepada tamu yang menggunakan fasilitas hotel maupun semua outlet yang ada di dalam hotel seperti spa dan restaurant. Tagihan dicatatkan dalam bentuk guest folio dan akan ditagihkan langsung kepada tamu secara personal account yang biasa disebut on P/A.

4.   Credit Card.

Credit Card adalah penerimaan cash dari tamu maupun travel agent dalam bentuk piutang karena masih menunggu pencairan dana dari pihak Bank selaku penerbit kartu kredit tersebut. Biasanya kartu kredit terdiri dari jenisnya sebagai berikut :

a.   Visa

b.   Master

c.    Amex

d.   BCA Card

Akun Kas

Akun kas adalah penerimaan langsung dalam bentuk uang cash oleh semua kasir yang ada pada setiap outlet di hotel.

Akun Pajak PB 1

Akun hutang pajak PHR ( Government Tax ) adalah akun untuk mencatat pungutan pajak PB 1 dari pemerintah kepada setiap tamu yang menginap di hotel.

Akun Service Charges

Akun Service Charges adalah akun untuk mencatan penerimaan pungutan atas jasa yang diberikan oleh karyawan kepada setiap transaksi tamu hotel. uang service yang terkumpul dibagikan kepada karyawan, biasanya setelah dikurangi loss and breakage (kehilangan dan kerusakan). L&B

Penerimaan Kas dan Pengeluaran Kas (Cash Disbursement)

Merupakan transaksi dari penagihan dan penjualan tunai harian di mana hasil penagihan, penjualan tunai, dan pengeluaran kas harian dicatat dalam buku khusus yang disebut dengan buku kas dan bank.

 

 

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar