Jumat, 22 Maret 2024

Bagaimana cara melakukan taking order di Restaurant

 

Taking order adalah cara untuk menawarkan menu yang ada di restoran.  Taking order juga disebut cara  menerima dan mencatat orderan. Taking order adalah salah satu harus dikuasai dengan baik oleh seorang waiters.

Pengetahuan dan etika dalam berkomunikasi dengan pelanggan menjadi hal paling mendasar yang tidak bisa ditawar. Menguasai isi daftar menu dengan baik juga menjadi hal wajib dan menjadi nilai jual yang baik bagi restoran. Jadi ketika pelanggan bertanya waiters bisa menjelaskan dengan cepat dan baik.

Dengan menguasai Teknik taking order seorang waitres dapat menawarkan menu di restoran dengan baik kepada pelanggan nantinya. Jadi tujuan dari taking order ini adalah memberikan informasi yang akurat tentang menu makanan yang tersedia di restoran.

Selain itu ada tujuan lain dari pelayanan ini yaitu  Semakin baik cara menawarkan menu yang ada di restoran maka akan semakin tinggi nilai penjualannya. Secara otomatis di sini tujuan akhirnya adalah meningkatkan atau memaksimalkan keuntungan dan peningkatan service charges yang bisa dibawah pulang oleh semua staff restaurant. Oleh karena itu pengetahuan seorang waitres tentang taking order sangat menjadi salah satu kunci sukses sebuah restoran. Syarat sebagai waiter agar mampu memahami dan menawarkan menu di restoran dengan baik adalah berikut ini:

 

  • Mempunyai pengetahuan yang baik tentang produk yang dijual.
  • Dapat berkomunikasi dengan baik dan santun .
  • Memahami teknik pencatatan pesanan.
  • Mempunyai daya ingat yang baik.
  • Menguasai dengan baik teknik penjualan.

 

kalau sudah memiliki syarat tersebut maka sudah bisa dipastikan citra restoran pun akan menjadi baik dan semakin dikenal masyarakat.dan pelayanan kepada pelanggan yang datang ke restoran akan memuaskan dan professional.

 

Bagaimana cara untuk menawarkan menu di Restaurant

 

  1. Pertama, persilahkan tamu yang datang ke meja yang sudah siap untuk dipergunakan. Tanya berapa orang dan usahakan beri meja yang sesuai dengan jumlah dan kebutuhan pelanggan. Tarik kursi serta mempersilahkan pelanggan untuk duduk. Kalau diantara tamu ada orang tua maka utamakan pelayannya kepada orang tua tersebut.
  2. Saat tamu sudah duduk, berikanlah daftar menu dengan tangan kanan. sambil tersenyum dengan sapaan yang lembut dan ramah.
  3. Setelah daftar menu sudah di tangan pelanggan, tunggu dan beri kesempatan untuk melihat isi menu sebelum menawarkan menu andalan restoran kepada pelanggan.  Gunakan ibu jari sebagai penunjuk agar kesopanan tetap terjaga.
  4. Beri informasi untuk menu yang ukuran lebih besar, lengkap, atau ada menu yang sedang dipromosikan. Tapi jangan terkesan sedikit memaksa.
  5. Saat tamu mengatakan sudah cukup jangan memberikan penawaran lain lagi.
  6. Jangan lupa untuk mencatat semua pesanan tamu dengan benar dan sangat teliti serta jelas terutama untuk pesanan dengan permintaan khusus. Gunakan tulisan yang umum serta mudah dimengerti.
  7. ulangi sebutkan pesanan tamu agar tidak ada kesalahan atau pesanan yang ketinggalan saat mau meninggalkan meja
  8. ucapkan terima kasih serta mempersilahkan pelanggan menunggu hingga pesanan diantar setelah semua proses taking order selesai.

 

Demikian hal-hal yang sangat menentukan dalam proses berhasilnya suatu taking order yang biasa dilakukan disetiap restaurant.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar